didalam situasi dimana anda harus
menjual kepada berbagai tipe personal,
untuk memulai yang baik berhubungan dengan orang lain dan memberikan artikulasi
kepada masing-masing individu tersebut.
Tujuannya adalah untuk merangsang
percakapan menarik yang memungkinkan kita untuk mengubah persepsi, harapan
mendiagnosa dan membawa kejelasan untuk dialog.Itulah esensi dari mengembangkan
strategi merek - dasar dari komunikasi Anda yang membangun hubungan otentik
antara Anda dan audiens Anda.
Ini adalah strategy bagaimana anda
menemukan strategi merk perusahaan yang memungkinkan Anda untuk memanfaatkan
pemasaran, periklanan, public relations dan media sosial untuk secara konsisten
dan akurat memperkuat karakter merk Anda.
Tanpa mendefinisikan strategi inti,
semua saluran komunikasi seringkali dapat menjadi pembekakan biaya dan kesalahan dalam
anggaran. Berikut ini 12 prinsip strategi merek yang saya yakini sebagai kunci
untuk mencapai kesuksesan bisnis.
1. Tentukan merek Anda
Dimulai dengan keaslian Anda, tujuan
inti, visi, misi, posisi, nilai-nilai dan karakter. Fokus pada apa yang Anda
lakukan yang terbaik dan kemudian dikomunikasikan kekuatan Anda melalui konsistensi.Ada banyak contoh
perusahaan mengakuisisi merek lain tapi hanya untuk menjual mereka nanti karena
mereka tidak sesuai dalam merek dan arsitekturnya.
Microsoft mengakuisisi Razorfish pada 2007
ketika membeli aQuantive, pemasaran perusahaan jasa digital, untuk sekitar US $
6 miliar kemudian menjualnya beberapa tahun kemudian sebesar $ 530 juta.
2. Merek Anda adalah model bisnis
Anda
Mendukung dan menantang model bisnis
Anda untuk memaksimalkan potensi dalam merek Anda. Pikirkan merek pribadi
seperti Oprah, Donald Trump, Martha Stewart dan Richard Branson.Orang-orang ini
praktis membangun bisnis mereka tepat di atas merek pribadi mereka, segala
sesuatu yang mereka tawarkan adalah perluasan dari janji merek mereka.
3. Konsistensi, konsistensi,
konsistensi
Konsistensi dalam pesan Anda adalah
kunci untuk membedakan. Pemilik posisi Anda pada setiap titik acuan untuk
segala sesuatu yang Anda lakukan. Presiden Obama berfokus pada satu pesan hanya
selama kampanyenya, Ganti. BMW selalu dikenal sebagai "mesin penggerak
utama."
4. Mulai dari dalam keluar
Setiap orang di perusahaan Anda
dapat memberitahu Anda apa yang mereka lihat, pikirkan dan rasakan tentang
merek Anda. Itulah kisah Anda harus membawa kepada pelanggan juga, mendorong
dampak sekedar dinding pemasaran.
Itulah contoh bagaimana
memberdayakan karyawan Zappos untuk memperkuat persepsi konsumen atas mereknya.
5. Hubungkan pada tingkat emosional.
Brand adalah bukan nama, logo,
website, kampanye iklan atau PR, mereka hanya alat bukan merek. Brand adalah
ide yang diinginkan diwujudkan dalam produk,, orang layanan, tempat dan
pengalaman. Starbucks menciptakan pengalaman ruang ketiga orang yang begitu
diinginkan dan eksklusif ingin tinggal dan membayar untuk kopi mahal.
Menjual sesuatu yang orang yang
memenuhi tidak hanya kebutuhan fisik mereka tetapi kebutuhan emosional mereka
dan kebutuhan mereka untuk mengidentifikasi diri mereka dengan merek Anda.
6. Memberdayakan juara merek
Berikan Penghargaan kepada orang-orang
yang mencintai merek Anda untuk membantu mendorong pesan, kegiatan fasilitas
sehingga mereka dapat menjadi bagian dari proses.
Jika advokat merek Anda tidak
memberitahu Anda, apa yang harus lakukan
atau tidak harus lakukan, saatnya untuk mengevaluasi janji merek Anda. Pergi dan berbicara dengan seseorang
yang bekerja di toko ritel Apple atau pemilik iPhone dan Anda akan melihat
betapa gairah mereka tentang Apple. Ini adalah gaya hidup dan budaya.
7. Tetap relevan dan fleksibel
Sebuah merek yang dikelola dengan
baik selalu membuat penyesuaian. Branding adalah sebuah proses, bukan ras,
bukan sebuah acara sehingga diharapkan untuk terus men-tweak pesan Anda dan
menyegarkan citra Anda. Merek yang sukses tidak melekat pada
cara-cara lama hanya karena mereka bekerja di masa lalu, melainkan, mereka
mencoba untuk menemukan kembali diri mereka dengan menjadi fleksibel yang
membebaskan mereka untuk menjadi lebih cerdas dan kreatif.
Berikut adalah contoh kasus: ketika
ekonomi dunia krisis, perusahaan pembuat
mobil Hyundai mengeluarkan
program jaminan yang memungkinkan Anda mengembalikan mobil Anda jika Anda
kehilangan pekerjaan dan tanpa ada kewajiban pelunasan dan keuangan lebih
lanjut dan tidak ada kerusakan pada kredit Anda.
Dan hasilnya ?
Pada akhir Februari, hanya dua
pembeli telah mengambil keuntungan dari program ini tetapi telah meningkatkan
penjualan mereka sebesar 14% dari tahun ke tahun di Q1, hanya satu dari dua
perusahaan meningkatkan pendapatan, sementara perusahaan seperti Honda mengalami
penurunan lebih dari 30%.
Ikuti oleh kampanye pada bulan Juli,
karena harga gas diperkirakan akan mendorong lebih tinggi selama bulan-bulan
perjalanan puncak musim panas, Hyundai keluar dengan program lain yang menjamin
setahun senilai gas pada $ 1,49 per galon pada kebanyakan model.
8. Menyelaraskan dengan strategi
taktik
Sampaikan pesan merek pada platform
media yang paling sesuai dengan tujuan kampanye tertentu.
Karena konsumen dibombardir oleh
pesan komersial sehari-hari, mereka juga aktif menghalangi sebagian besar dari
mereka.
Investasikan upaya branding Anda
pada platform yang tepat yang berkomunikasi ke saluran yang tepat.
Televisi mungkin mahal tetapi
memiliki jangkauan yang lebih luas, demografi yang lebih luas dan dapat
menghasilkan dampak yang instan. Di sisi lain, media sosial mungkin tampak
murah tapi butuh waktu, sumber daya dan tidak dapat memberikan hasil keinginan.
9. Mengukur efektivitas
Fokus pada ROI (return on
investment) merupakan kunci untuk mengukur efektivitas strategi Anda.
Sering kali itu adalah seberapa baik
organisasi Anda dapat terinspirasi untuk melaksanakan strategi. Hal ini juga
dapat tercermin dalam penilaian merek atau bagaimana pelanggan Anda bereaksi
terhadap produk dan penyesuaian harga.
Pada akhirnya harus beresonansi
dengan penjualan dan profitabilitas berarti. Tapi jangan hanya fokus
meningkatkan penjualan ketika Anda bisa mendapatkan dorongan keuntungan dengan
mengurangi biaya overhead dan biaya juga.
Berikan diri Anda pilihan untuk
menguji taktik pemasaran yang berbeda, pastikan mereka cocok keaslian merek
Anda dan sejalan dengan strategi Anda.
10. Memupuk komunitas Anda
Komunitas adalah platform yang kuat
dan efektif yang untuk melibatkan pelanggan dan menciptakan loyalitas terhadap
merek. Dalam komunitas yang aktif, anggota
merasa perlu untuk menghubungkan satu sama lain dalam konteks konsumsi merek. Kita semua ingin menjadi orang dalam
sesuatu, itu menggairahkan kita untuk memberitahu orang-orang yang masyarakat
kita adalah bagian dari pengetahuan dan apa yang kita miliki.
Dalam banyak itu ego kita yang
membanggakan kita untuk menjadi bagian dari sebuah tim olahraga atau kelompok
profesional.
Tebak mobil apa yang dibeli oleh anggota klub Porsche untuk kendaraan mereka
berikutnya?
Masyarakat merek memungkinkan
perusahaan untuk berkolaborasi dengan pelanggan dalam semua tahap penciptaan
nilai melalui crowdsourcing seperti desain produk, strategi harga,
ketersediaan, dan bahkan bagaimana menjual.
11. Jauhkan musuh Anda lebih dekat
Bahkan jika Anda memiliki produk,
paling inovatif sangat diinginkan, Anda dapat mengharapkan pesaing baru dengan
proposisi nilai yang unggul untuk memasuki memasuki pangsa pasar.
Pasar selalu cukup besar untuk
pemain baru untuk meningkatkan apa yang Anda memberikan yang lebih baik, lebih
cepat, lebih murah. Sebut saja hypercompetition atau inovasi ekonomi,
persaingan bisa baik bagi Anda percaya atau tidak. Ini menantang produk anda untuk
mengkitkan strategi dan memberikan nilai lebih
Lihat saja bagaimana Tiga Besar
(produsen mobil General Motors, Ford, dan Chrysler) di hancur kan dalam dekade
terakhir oleh kompetisi dari Jerman dan Jepang.
Tidak hanya pesaing mereka membuat
produk yang lebih baik, mereka lebih efisien melakukannya dan memerintahkan
loyalitas merek yang lebih tinggi.
Pada tahun 2008, Toyota menyalip GM,
sementara Honda melewati Chrysler dalam penjualan di AS.
12. Praktek merek pemikiran strategi
IDEO CEO Tim Brown menyebut desain
berpikir "suatu proses untuk membuat pilihan-pilihan baru."
Pada dasarnya itu berarti tidak
hanya puas dengan pilihan yang tersedia saat ini, tetapi untuk berpikir di luar
kotak tanpa dibatasi. Konsep ini sebenarnya berlaku untuk
proses penciptaan strategi merek Anda bahwa saya disebut berpikir strategi
merek.
Ini selalu lebih mudah untuk
menjalankan taktik daripada datang dengan strategi karena menyiratkan
kemungkinan kegagalan. Ini jauh lebih cepat untuk meniru
apa yang bekerja untuk pesaing Anda daripada untuk datang dengan sesuatu yang
asli dan kreatif.
Tapi kebenarannya adalah, itu bukan
Anda dan melanggar prinsip pertama dari strategi merek. Berfikir strategi
adalah tentang menciptakan pengalaman yang tepat yang melibatkan semua pemangku
kepentingan untuk mendorong strategi yang lebih baik. Leverage ekosistem yang mencakup
karyawan Anda, mitra dan pelanggan untuk membantu Anda mengartikulasikan
strategi merek Anda sehingga mereka sinkronisasi bersama-sama.
Ambil dan pergi: Memiliki strategi
merek akan membawa kejelasan dan makna pada merek Anda sehingga Anda dapat
fokus pada pembuatan, membuat, dan menjual hal-hal yang orang benar-benar
peduli.
Jika Anda bisa melakukan itu, merek
Anda akan menjadi unik dan mengesankan dalam perjalanan untuk menjadi merek
terhormat.
Apakah anda setuju?
Jika tidak Beritahu saya, dan mari
kita diskusikan :)
referensi : http://www.designdamage.com
12 LANGKAH STRATEGI BRANDING
Reviewed by Masyon
on
16.00
Rating:
Tidak ada komentar: