Beberapa keputusan yang sama pentingnya dengan nama merek
Anda. Bagaimana seharusnya seorang manajer merek memulai proses ini? Apakah
Anda penamaan sabun, minuman ringan atau band baru, proses ini dapat bekerja.
(Catatan untuk diri sendiri: Saya bertanya-tanya bagaimana kerusuhan Pussy band
yang punya nama besar mereka)
Saya memiliki proses sembilan langkah. Berjalanlah dengan
saya.
Apa inti dari posisi merek? Apa ide tunggal yang Anda
inginkan untuk mewakili merek ini? Untuk memulai proses, saya pikir itu bagus
untuk membuat daftar yang mengalir bebas dari kata-kata yang mewakili merek.
Kata-kata harus sesuai di pusat ini peta merek pada intinya.
Katakanlah Anda sedang menciptakan sebuah bisnis berbasis
internet yang akan memberikan video melalui mail dan online. Jadi kata-kata
yang akan muncul di daftar Anda bisa internet, film, film, video, online,
kantor pos, surat, film, klasik, cerita, popcorn, dan sebagainya. Daftar ini
harus tanpa batas atau kendala tetapi terfokus pada kata-kata yang sesuai
dengan proposisi penjualan yang unik dari produk atau merek. Hal ini dapat
tentang fitur atau manfaat. Jika Anda membuat perasaan atau menghubungkan ke
emosi, Anda ingin menjelajahi jenis-jenis kata-kata seperti sukacita, senang
atau gembira.
Langkah Dua-Kompetisi
Apa lingkungan yang kompetitif? Apa merek atau nama produk Anda
yang akan bersaing dengan dan bagaimana bisa Anda berdiri keluar dari keramaian.
Saya ingin membuat daftar lain dari nama-nama produk yang kompetitif dan bahkan
orang-orang yang mungkin berada di luar kategori Anda tapi bisa muncul sebagai
pilihan bagi konsumen Anda. Jadi jika Anda seorang penyuka bir, Anda mungkin
bersaing dengan keras, anggur sari atau roh. Pikirkan kata-kata yang
menggambarkan target Anda, harga yang Anda akan jual (mewah atau nilai) dan
kesempatan penggunaan seperti bir untuk pesta atau bir untuk pantai.
Langkah Tiga-Daftar
Saya ingin meminta beberapa rekan untuk mengambil kedua
daftar dan menciptakan kombinasi 10 kata yang mereka anggap mampu
mengekspresikan ide kunci dari sebuuah merk. Setiap orang harus bekerja secara
independen tetapi memiliki batas waktu singkat seperti satu minggu untuk
menyelesaikan tugas. Kumpulkan semua ide dan menempatkan mereka ke daftar
induk.
Langkah Empat – Software
untuk meng generate Nama
Pertimbangkan untuk menggunakan merek perangkat lunak untuk
membantu menghasilkan keinginan Anda
Saya ingin menggunakan merek perangkat lunak nama yang
memungkinkan Anda untuk dimasukkan ke dalam beberapa kata-kata kunci dan kemudian
mendapatkan banyak ide untuk nama potensial berdasarkan kata atau kombinasi
segmen. Salah satu nama merek pembangkit yang saya ingin gunakan adalah di
http://www.netsubstance.com/ ini gratis dan
membantu memicu ide dalam kombinasi kata kunci yang akan digunakan. Dengan software
ini anda akan dibantu mendapatkan nama atau kata kunci yang bisa anda gunakan
untuk merk anda.
Langkah Lima - Top 10
Pemilik proses ini perlu mengambil semua ide dan
mengumpulkan daftar top 10 yang mereka percaya sesuai dengan kebutuhan. Saya
pikir yang terbaik adalah untuk memiliki orang yang bertanggung jawab untuk
keputusan menciptakan daftar 10 besar.
Jika Anda tidak memiliki proses pengambilan keputusan yang baik di tempat
membaca posting tentang RACI dan pengambilan keputusan. Tanpa kejelasan tentang
siapa yang memutuskan, Anda dapat berakhir dengan nama merek yang dibuat oleh
panitia. Itu baik Majalah Vogue (Juli 1958), Sir Alec Issigonis atau Lester
berburu yang mengatakan, "unta adalah kuda yang dirancang oleh panitia.
Hati-hati.
Langkah Enam - Buat
Survey
Dapatkan survei kepada para pemangku kepentingan
Aku penggemar untuk melakukan survei bersama rekan-rekan
untuk memilih. sebuah krumunan kecil tidak akan menyakiti hati seseorang dan
itu bisa memperlebar banyak stakeholder dan bisa melakukan investasi. Jangan
lupa untuk menyertakan orang-orang yang tidak terlalu dekat dengan perusahaan
yang mungkin memiliki pandangan yang segar. Ini sangat bagus jika Anda bisa
mendapatkan beberapa pelanggan yang terlibat juga. Jelaskan posisi merek dan
atribut yang unik dari produk kepada audiens yang besar. Seperti mereka untuk
memilih 3 nama yang mereka pikir terbaik sesuai situasi dan tujuan yang Anda
masukkan ke dalam pembukaan survei Anda tentang produk.
Langkah Tujuh – Cek Trademark
/ Merk
Melihat masing-masing nama di kantor USPTO melalui TESS
sistem cepat mereka cari ditemukan di sini
http://www.uspto.gov/trademarks/index.jsp sehingga Anda dapat menentukan apakah
Anda memiliki ide nama yang sudah ada dalam kategori Anda. Jika Anda ingin
membuat merek yang disebut APPLE dan Anda tidak menjual komputer tetapi sepatu,
Anda mungkin dapat menggunakan nama asalkan tidak menimbulkan kebingungan
kepada konsumen. Setelah Anda meninjau daftar ini, Anda harus berkonsultasi
dengan dewan merek dagang Anda untuk memastikan Anda jelas di jalan ke depan.
USTPTO jika di Indonesia itu sama dengan Departement Hukum dan Ham yang
membawahi Merk dan Hak Paten. Jadi pastikan adan mengeceknya disana, dan
pastikan juga bahwa nama yang anda gunakan tidak digunakan oleh orang lain.
Langkah Delapan – membeli
Stakeholder dari Dalam
Dapatkan membeli dari mereka yang merupakan pemangku
kepentingan kunci pada lima sampai tujuh ide-ide yang telah datang melalui
filter ini dan layak mengejar. Mintalah pilihan mereka dan belajar jika ada
kata atau frase yang mengkhawatirkan atau bisa salah makna. (Contoh klasik
adalah tidak ada yang bertanya apakah Chevy Nova bisa menjadi masalah di
Amerika Latin di mana Nova berarti tidak pergi).
Langkah Sembilan -
Putuskan
Para pengambil keputusan harus berani mengambil keputusan,
setelah mereka menjelaskan dan menuliskan membuat mock up dan mengkomunikasikan
dengan singkat mengapa mereka harus
memilih itu
Referensi :
http://momentslater.blogspot.com/2012/08/9-steps-to-create-spectacular-brand-name.html?goback=%2Eanb_41352_*2_*1_*1_*1_*1_*1
9 LANGKAH UNTUK MEMBUAT MERK SPEKTAKULER
Reviewed by Masyon
on
00.41
Rating:
Trm kasih banyak mas Yono, atas infonya, minta izin mengutip y.
BalasHapusYudi.