Komunikasi yang jelas dan efektif adalah penting selama presentasi , baik untuk kamar full board eksekutif , auditorium di konferensi , atau ruang kelas penuh mahasiswa .
Informasi verbal sangat penting , tapi bagaimana kita menyajikan informasi dapat menentukan berapa banyak penonton ingat . Peneliti Allan dan Barbara Pease menemukan bahwa 83 persen dari komunikasi adalah nonverbal , tapi saya ingin tahu apa dampak itu pada penonton ingat .
Saya melakukan percobaan dengan empat kelas universitas yang identik dengan total 80 siswa . Setiap kelas memiliki pembicara tamu yang dihadirkan . Dua orang presenter menggunakan komunikasi nonverbal yang efektif , sementara yang lain menggunakan komunikasi nonverbal yang buruk .
Bagian yang menarik adalah bahwa ini adalah lebih dari sebuah pertunjukan akting daripada pertunjukan mengajar . Setiap presentasi adalah persis sama , kata demi kata . PowerPoint adalah sama , dan panjang presentasi adalah sama . Satu-satunya perbedaan adalah taktik nonverbal beberapa .
Komunikasi nonverbal mencakup sejumlah elemen , jadi saya dimanipulasi hanya lima elemen :
- Kontak mata . Instruktur nonverbal yang efektif mencoba untuk membuat kontak mata dengan setiap siswa di seluruh presentasi , instruktur nonverbal miskin memandang PowerPoint dan minimal melirik siswa .
- Fluktuasi suara. Instruktur nonverbal yang efektif bervariasi pola vokalnya seluruh presentasi , instruktur nonverbal miskin terus rentang vokal cukup monoton .
- Posisi di dalam ruangan . Instruktur nonverbal efektif menggunakan clicker PowerPoint dan berjalan di sekitar depan ruangan , instruktur nonverbal miskin berdiri di belakang podium dan menggunakan mouse komputer desktop untuk menavigasi PowerPoint .
- Ekspresi wajah . Instruktur nonverbal yang efektif menggunakan berbagai ekspresi wajah antusias , instruktur nonverbal miskin terus ekspresi cukup datar .
- Gerakan tangan . Instruktur nonverbal yang efektif terus menunjukkan telapak tangannya selama gerakan , instruktur nonverbal miskin terus tangannya pada permukaan podium .
Setelah presentasi , setiap kelas mengambil tes yang sama , yang mempertanyakan mereka tentang informasi yang mereka hanya diberi . Kursus komunikasi nonverbal yang efektif mencetak hampir 30 persen lebih tinggi pada tes dari siswa di kursus komunikasi nonverbal yang buruk.
[ TERKAIT : Cari tahu bagaimana tempat kerja terbaik memiliki tenaga kerja yang paling terlibat dan kolaboratif pada konferensi Februari kami]
Siswa memiliki hal-hal menarik untuk dikatakan tentang pengalaman mereka selama kelompok fokus mengikuti kuliah :
Efektif nonverbal komunikasi kelas :
• " Jika dia tidak terlihat seperti dia tahu apa yang dia bicarakan , maka saya tidak akan mempercayainya atau mendengarkannya . "
• " ( Presenter ' ) bahasa tubuh secara umum pasti dapat memberitahu Anda banyak tentang pengetahuan mereka tentang subjek ini. "
• " Kadang-kadang ketika ( presenter ) berbicara , saya hanya akan tidak memperhatikan karena saya bosan , tapi aku memperhatikan yang satu ini . "
Miskin nonverbal komunikasi kelas :
• " Dia hanya memiliki fakta-fakta acak . Aku hanya tidak benar-benar tahu di mana dia punya orang-orang dari . "
• " Saya mendapat terganggu dengan mudah dengan mencoret-coret di atas kertas saya. Aku mendengarkan babak pertama , tapi saya tidak ingat apa-apa dari babak kedua . "
• " Saya setuju . Aku agak berjalan-jalan . Aku mencoba fokus pada PowerPoint , tapi itu buruk , juga. "
Jadi , lain kali Anda tawarkan presentasi untuk klien atau di sebuah konferensi , ingat kau mengatakan hanya sebanyak dengan tubuh Anda sebagai Anda dengan mulut Anda .
Dustin York adalah asisten profesor di Maryville University.
• " Dia hanya memiliki fakta-fakta acak . Aku hanya tidak benar-benar tahu di mana dia punya orang-orang dari . "
• " Saya mendapat terganggu dengan mudah dengan mencoret-coret di atas kertas saya. Aku mendengarkan babak pertama , tapi saya tidak ingat apa-apa dari babak kedua . "
• " Saya setuju . Aku agak berjalan-jalan . Aku mencoba fokus pada PowerPoint , tapi itu buruk , juga. "
Jadi , lain kali Anda tawarkan presentasi untuk klien atau di sebuah konferensi , ingat kau mengatakan hanya sebanyak dengan tubuh Anda sebagai Anda dengan mulut Anda .
Dustin York adalah asisten profesor di Maryville University.
5 KUNCI UNTUK KOMUNIKASI NON VERBAL YANG BAIK
Reviewed by Masyon
on
09.02
Rating:
Tidak ada komentar: