foto Raisa & Isyana, Sumber SONY Music |
diluar ekspektasi para penggemarnya dan masyarakat luas bahwa
Raisa dan Isyana bisa berkolaborasi dalam satu lagu dan frame. tapi tentu saja
bukan Sony Music namanya kalo tidak pandai melakukan marketing komunikasi yang
cakap dan lihai. Sony Music Entertainment Indonesia & Juni Records
rupanya mengerti betul kekuatan kedua dara tersebut, masing masing memiliki
pengikut atau fans yang fanatik namun sopan, tidak saling serang satu sama
lain, sehingga kalo kembali ke teori pemasaran bahwa untuk menjadi besar dan
mengambil hati masyarakat tentu saja dua kekuatan ini harus disatukan. tentu
saja bukan hanya rumus 1 + 1 = 2 namun SONY rupanya ingin mendapatkan
penjumlahan yang lebih dari itu, imbas secara luasnya adalah mereka yang bukan
fanatisme akan tertarik untuk mencari tahu dengan rasa penasaran yang
tinggi.
Sony telah melakukan identifikasi pasar yang tepat menurut
penulis, terlebih keduanya masih dalam satu naungan label tentu saja ini bukan
perkara sulit bagi SONY Music.
Baik Isyana Saraswati maupun Raisa keduanya memiliki paras
yang cantik serta warna music yang sama dan secara signifikan tidak ada
perbedaan yang begitu berarti dalam hal suara.
Perdebatan yang terjadi dan membandingkan antara Isyana dan
Raisa seolah dipatahkan oleh syair yang ada di bagian ref “Satukan tujuan kita tinggalkan segala
perdebatan yang sia-sia, beralih kearah yang sama bukan masalah, semua punya
ruang, karena ceritamu milikmu…” baris demi baris syair penulis akui sangat
dalam dan bermakna.
Strategi dalam berusaha untuk menjadi pemimpin pasar dengan
taktik marketing communication yang cantik SONY Music berhasil mengalihkan
semua perhatian masyarakat muda pecinta music kearah keduanya, yang saat ini
dibuat satu frame sehingga menjadi focus seolah menghilangkan persaingan sebelumnya.
Jika dilihat dari Google Trends Raisa, Isyana Sarasvati - Anganku Anganmu menempati puncak
teratas, itu artinya semua masyarakat sedang tertuju pada Isyana dan Raisa
dengan lagu Anganku Anganmu yang saat ini menjadi hits!
Strategi SONY Music Bisa
Di Contoh
Strategi yang dilakukan
oleh Sony Music tentunya bisa dijadikan contoh, Sony Music mampu
mengindentifikasi dan menganalisa pasar yang kemudian mereka tuangkan kedalam
sebuah gagasan yang luar biasa. Album ini bukan sebuah album kompilasi ini
adalah album menyatukan kekuatan besar dari 2 orang penyanyi TOP Indonesia.
Anganku Anganmu - Raisa dan Isyana Sebuah Strategi Bisnis
Reviewed by dumas presisi
on
13.51
Rating:
Tidak ada komentar: