Breaking News

Pelarangan Panglima TNI, Bentuk Ketakutan Amerika

Baru baru ini heboh berita terkait dengan pelarangan Panglima TNI Gatot Nurmantyo berkunjung ke Amerika padahal maksud kedatangan beliau di undang oleh Panglima bersenjata AS Jenderal Joseph F Dunford, Jr. bukan hanya sekedar kesalahan administratif semata namun lebih dari jika di ambil dari beberap pernyataan dari berbagai sumber bahwa indikator Amerika sepertinya ketakutan akan kehadiran Panglima TNI.

Pengamat Internasional, Teuku Reza Syah mengatakan pelarangan tersebut diduga akibat Amerika yang tidak siap dengan paper milik Panglima TNI. Forum itu diketahui menjadi ajang pemimpin keamanan di puluhan negara untuk menunjukkan prestasi di negara masing-masing. baca : Pengamat Nilai AS Khawatir Forum di Washington Jadi Panggung Jenderal Gatot


walaupun Kemenhan Wiranto menyatakan "Sudah ada penjelasan bahwa itu merupakan keselahan administrasi, kemudian juga ada penjelasan, silahkan panglima TNI dan istri berkunjung ke Amerika Serikat," ujar Wiranto kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2017). seperti di tulis di tribun.com tetap saja ini masyarakat Indonesia tetap bertanya-tanya kenapa hal itu harus terjadi.

seperti praduga awal penulis bahwa pasti ada apa-apanya dengan pelarangan panglima TNI, hal ini juga di sampaikan oleh Anggota Komisi I seperti yang dimuat di tribunews.com   Anggota Komisi I Ungkap Spekulasi Penyebab Panglima TNI Ditolak Masuk AS.


Menurutnya, spekulasi yang kuat dalam melatarbelakangi penolakan tersebut bisa terkait dengan lebih banyaknya ‎ekspor yang dilakukan Indonesia dibanding negara Paman Sam tersebut.
"‎Apakah (penolakan terhadap Panglima TNI) menyentil Indonesia? Sejak 2012 perdagangan Indonesia terhadap AS mengalami surplus. Kita lebih banyak mengekspor daripada mengimpor," kata Bobby dalam sebuah diskusi di kawasan SCBD, Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Bobby menuturkan, persoalan Freeport diduga juga dapat menjadi penyebab ditolaknya Panglima TNI masuk ke negeri Paman Sam itu.
Menurutnya, pembelian pesawat tempur juga dapat menjadi pemicu ulah yang dibuat AS.
"Masalah Freeport lalu pembelian pesawat tempur juga (dapat jadi pemicu penolakan)," tutur Politikus Golkar itu.


AMERIKA MEMINTA MAAF
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan meminta maaf kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi terkait ditolaknya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo masuk ke Amerika Serikat.

"Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan telah meminta maaf kepada Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi atas ketidaknyamanan yang dialami Jenderal Gatot," demikian pernyataan tertulis Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia yang dimuat di laman resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat, Minggu (22/10/2017).

Pernyataan itu juga menyebutkan bahwa Kedutaan Besar Amerika akan memfasilitasi keberangkatan Gatot ke Amerika.
"Kami tetap berkomitmen untuk menjaga kemitraan strategis dengan Indonesia sebagai cara untuk memberikan keamanan dan kesejahteraan kepada masyarakat kedua negara," demikian pernyataan tersebut.

Gatot akan berangkat ke Amerika dengan maskapai Emirates dengan nomor penerbangan EK 0357.

Ia pergi ke Amerika atas undangan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F Durford untuk menghadiri Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremist Organization pada 23-24 Oktober di Washington DC.





Pelarangan Panglima TNI, Bentuk Ketakutan Amerika Pelarangan Panglima TNI, Bentuk Ketakutan Amerika Reviewed by Masyon on 14.41 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.